Powered By Blogger

Jumat, 01 Agustus 2008

Membuat Subtitle Video

Bagi yang belum tahu, membuat subtitle untuk video ternyata lumayan gampang. Alat dan bahan adalah seperangkat komputer dengan program Notepad. Caranya gampang, perhatikan dulu contoh berikut:
pada contoh terlihat tiga baris utama, yang berisikan:
  1. baris pertama berupa kode urutan tulisan / subtitle yang akan keluar. harus urut, sehingga bila benar benar niat bisa sampai 1200 lebih untuk film berdurasi 1,5 jam.
  2. beris kedua berupa rentang waktu keluarnya tulisan / subtitle. bila menggunakan WMP atau MPC, apalagi Winamp agak susah untuk ngatur durasi lamanya tulisan muncul.
  3. terakhir, tentu saja tulisan / subtitle yangakan dimunculkan pada rentang waktu baris kedua. menurut tradisi, bila dalam satu rentang durasi terdapat dua tokoh berbicara, maka diberi tanda "/" untuk memisahkannya. tambahan pula, bila di enter (sehingga bagian ketiga ini menjadi 2 baris) maka di videonya juga akan muncul ter-enter-kan.
Langkah terakhir, menurut mitos yang saya percayai, beri nama dengan nama yang sama dengan video yang akan anda beri subtitle, kemudian simpan dengan ekstensi *.srt
Pastikan anda menyimpannya berdampingan dengan video yang anda beri subtitle.

saran saya

2 komentar:

Anonim mengatakan...

waw!!!

kereenn boz!!!

thx atas info'a!!

sangad bermanfaat....

no need mengatakan...

wadow...klo itu mah semua orang juga tahu dek!

masalahnya bagaimana cara memberikan stamp time nya!