Powered By Blogger

Sabtu, 11 Oktober 2008

catatan arus balik 1: a B O R I N G D I K I T beginning

Jadi kemaren, hari kemis tanggal 9 oktober 2008, perjalanan kembali ke jogja dimulai (sekaligus berakhir pada jam stgh sembilan malemnya) jam setengah sepuluh. Hemm, bagi temen2 yang pernah safar jogja-wlingi mungkin heran kenapa kok bisa perjalanannnya(eh, n nya kebanyakan) jadi 10 jam. Alasannya karena kau pake mampir di terminal Nganyuk, eh, Nganjuk bwat solat bentar n di terminal Solo busnya ngetem setengah jam.



Nha, berangkat dari Wlingi jam stgh sepuluh udah nungguin bus Bagong ke arah Blitar. Lhah, pas nungguin bus, tiba-tiba R0m0 ku nyamperin lagi, katanya jangan berangkat dulu, nunggu adekq. Bberapa mnit kemudian beliau datang bersama adekq yang bungsu, lucu n imut, dengan perutnya yang gembul n pipinya yang lucu dia turun dari boncengan R0m0, n langsung aja minta dipangku.



Eh abis itu dataglah bus Bagong, dgn warna badan putih, bemper merah n kernet yang teriak-teriak :"Blitar, Blitar..". Wah ini, batinku, adek belum abis kangenya udah musti berangkat. Akhirnya dengan berat ati harus berangkat. Q turunkan adekq dari pangkuanku, ku cium pipi gembulnya n akupun naek ke bus, tanpa menoleh ke belakang..hikss, adekq sayang..tunggu mas ya..



Dalam perjalanan Wlingi-Blitar, ga ada yang begitu menarik. Setengah jam perjalanan terasa memakan waktu 31 menit..(yah, beda dikit, emangx pengaruh?)



d terminal Blitar, langsung naek bus Kawan Kita. Ini agak sialnya, ngapain juga aku pake masuk terminal, padahal ada bus Kawan Kita jurusan Kediri nyang udah siap berangkat di depan terminal. Payah, jadi harus nunggu satu giliran di terminal deh...



Setelah menunggu, sambil dihibur oleh pengamen yang nyanyiin lagu-wajib-pengamen-Jawa-Timur-an alias Gebi (Gebi apa Ghebi sih?) yang lagunya "Jauh kau pergi meninggalkan diriku..", akhirnya bus ini berangkat juga, hanya saja kecepatannya kayak atlet sepeda pancal yang udah nggenjot 4 jam nonstop . Luemot buanguet, mana panas lagi. Istilah yang populer anak sekolahan untuk kondisi seperti ini ialah "bus kompor". Baru setelah keluar dari perbatasan kota, jadi agak cepet dikit, tp panasnya ttp aja ad..



Pas di dlm bus, kernetnya narik 10 ribu. Waktu kernetnya udah minggat, eh, aku batin, kurangasem, sekarang jad mahal banget ya..



dalam perjalanan, aku baru tahu kalo ternyata ada daerah bernama Karanggayam di kecamatan Srengat(setelah kota Blitar), yang namanya sama dengan nama daerah dimana saya ngekos di Jogja. si Joko tetangga kosan juga tahu, itu ternyata daerah deket tumahnya si Atina Suraya yg adek penerusnya Joko, Psiko UGM 08 yg dari SMA 1 Blitar



Sampe sekitar jam 11.20 bus Kawan Kita itu tiba di terminal Kediri, takada hal yang cukup menarik, paling pol aku bisa ngeliat dengan urutan terbalik pemandangan aku liat kalolagi mudik(maksude, kalo lagi mudik kan pemandangan di sebelah kiri bakalan sama dengan pemandangan sebelah kanan waktu balik..????)



Berhubung terminal tujuanku berikutnya itu ke Nganjuk, n ternyata bus Kawan Kita itu jurusan Nganjuk juga, maka aku ga pake turun ke terminal, n alhamdlillah, bus ini langsung ga pake ngantri lagi. jadi bisa langsung meneruskan perjalanan ke Nganjuk dengan santai..(terang aja santai n longgar, wong penumpangnya udah pada turun di kediri..)



Dalam perjalanan ke Nganyuk,eh salah lagi, Nganjuk, ternyata ada seorang Bapak-Yang-Mau-Turun-Di-Secang, disingkat BYMTDS. Si BYMTDS ini ngajak ngobrol, dari soal anaknya yang sekolah di STM (SMK ding sekarang) sampe rute bus kalo mau ke Secang. si BYMTDS ternyata orangnya ga bener-bener suka ngobrol, jadi waktu sekitar 45 menit pejalanan Kediri-Nganyuk, ngobrolnya dikit.



Dlm pejalanan, selama g diajak ngobrol sama si BYMTDS itu aku perhatiin jalan. Ini merupakan kegiatan yang informatif kalo lagi safar, soalnya aku nyariin patok tulisan NGANJUK 21 KM, NGANJUK 20 KM, dst. Selama nyari itu patok, kalo diperhatiin ada patok laen yang warnanya kuning tiap jarak 100 meter, tulisannya DMJ BM. Aku tebak BM berarti Bina Marga alias sing mbaurekso jalan. cobalah, kapan2 tanya pak dosen apa gunanaya patok itu...



bersambung...

Tidak ada komentar: