Powered By Blogger

Selasa, 14 Oktober 2008

catatan arus balik 3: L U C K Y T J bagian 2

..sambungan terakhir
setelah menuggu selama setengah jam, bis yang belakangan ku ketahui bernama Mandala itupun meluncur dari Solo menuju terminal Giwangan Jogja. Sebagai permulaan cerita, dari sini aku ditemenin sama orang yang ngakunya bernama Iim dari Udanawu, deket kota Blitar.




Si Iim ini, ia suka sekali ngobrolin soal hempon, handphone deh.. dia cerita soal henpon-henpon nyang udah pernah dipakenya, en ternyata ujung-ujungnya dia malah pinjem hempon ku buat sms temennya yang di Purwokerto, minta dijemput.




Aku juga ditawarin telor rebus sama dia, tapi berhubung perutku agi gak enak (gara-gara insinyur yang bikin jalan raya Solo-Jogja se trampil yang buat jalan raya Sukowati sehingga banyak grunjel-grunjel di jalan), aku tolak dengan sopan. Lagian dia juga buang kulitnya sembarangan sih, bikin kesel aja.




Dalam perjalanan yang memakan waktu sekitar sejam seperempat, aku mikir-mikir, ni seandainya bus kebanggaan dosenku si TJ (Trans Jogja) itu udah ga ada yang kearah ring road utara, mampus aku. Terpaksa aku nanti minta jemput abangku di janti. Tapi kalo masih ada, ya , berarti naeik TJ aja ke halte Panggung n jalan dikit ke rmah. Moga-moga aja masih sempet nonton serial Heroes yangbaru-baru ini aku ikutin (ehm, ketauan noraknya).




Ternyata Allah mengijinkan, n aku sampe di Janti jam setengah delapan. Turun dari bus Mandala, lalu ngambil tas dari bagasi (sial, waktu kuraba agak basah. Ni kalo ga kena ujan pasti kena mesin AC). Nyeberang, nyamperin Halte TJ yang di utara jalan itu. ku tanya2 ma petugas nya,
"masih ada gak yang ke arah ring road?".
Si petugas tanya "Masnya mau kemana",
aku jawab "ke halte yang sebelum Kopma UGM".
"oh, Halte Panggung. Iya mas nanti jalur 3 A". Alhamdulillah, Yes, yes...




Setelah menunggu selama 15 menit, melihat dua bus TJ lupa jalur berapa, yang menurunkan dua penumpang cewe agak cakep, akhirnya dateng juga TJ jalur 3 A yang kunanti.




Aku masuk bus, duduk di bangku yang ada persis di depan pintu keluar, sehingga wajahku yang eksotis, beserta gaya dan penampilanku yang memukau pastilah terlihat dari luar. Terang aj, seorang PEMBALAP alias pemuda berbadan gelap, memakai celana abu-abu SMA, dengan jaket item duduk di kursi belakang sopir, menghadap kearah pintu masuk TJ. Di bawah ada tas mudik beroda, berwarna biru, disampingnya ada kotak kardus coklat bertuliskan Kabupaten Blitar beserta lambangnya.




Singkat tjerita, aku kembali menjalankan hobiku di saat bepergian dengan bus: ngeliatin pemandangan di luar bus. Aku sekarang jadi tahu kalo jalur 3A tu nantinya ngelewatin Carefour, terus lurus ketimur sampe ke halte bandara Adi Sucipto(ehm, ini yang paling dibanggain ma dosenku, yang katanya "integrasi tiga moda"), terus si TJ itu puterbalik ke barat lagi, tapi kemudian belok ke utara menuju Ring Road Utara. Whew, jadi artinya, sendinya ku mudik lagi n dlam perjlanan ke jogja, aku turun di halte bandara aja y, biar ga usah muter balik..




Jam menunjukkan pukul 20.10 an, aku masih di dalem TJ,ngeliatin suasana Jogja malem ari. di dlem bus aku denger bhwa ternyata ad semacam radio jaringan sopir TJ yang mengharuskan para sopir itu memberi laporn tentang suasana kerjanya, begitu namanya disebut oleh mbak2 bersuara cakep yng kayaknya semacam penyiar radio itu. ada sopir yng iseng, di akhir laporan dia bilang,"selmat malem, mbak yng cantik..". eh, tk disangka ad suara lain yang keluar dari itu radio, suara lakilaki, berkata "SERIUS, SERIUS..". Hahaaahaa, tawaku dlam hati. bis juga tu sopirr bus bercanda wktu kerja.. bus terus melaju, lewat UPN, liat Luna Maya pake baju kemben n rok pendek di perempatan Jl Affandi alias Gejayan, liat bakul susu kambing, n liat halte TJ Panggung akhirnya. Aku keluar dr bus, turun dari Halte, n akhirnya..


..jalan kaki sekitar 10 menitan. Dari halte panggung tas biru berisi pakaian itu aku seret. Tahu g kenapa aku seret? Soalnya kalo dijinjing berat. Pake tangan kiri, sementara kardus berisi oleh2 dari Bitu aku jinjing pake tangan kanan. Tahu g kenapa aku jinjing? Soalnya kalo diseret susah. Aku jalan kaki lewat jalan kampung yang sepi, dengan beberapa pemuda nongkrong disatu sisi jalan deket toko, lalu aku belok kiri n lewat depan rumah pak Bambang yang menteri pedidikan itu, lalu jalan kaki lagi sekitar 150 meter, dan sampailah aku di depan kosan tercinta..

Tidak ada komentar: