Powered By Blogger

Sabtu, 11 Oktober 2008

catatan arus balik 2: S R A G E N C A K E P bagian 1

...sambungannya yang tadi


Perjalanan Kediri-Nganjuk ga seberapa boring, soalnya aku seXan (n baru seX ini) liat Dhoho Plasa n masjid yang bagus banget di sebelahnya. 01ya, plus ad kejadian kecelakaan lalin, antara Sepeda-Motor-yang-Dikendarai-Cewek vs Sepeda-Motor-yang-Dikendarai-Cowok-Ngangkut-Tebu. kalo aku liat ga begitu parah koq, si cewe emang terkapar di jalan, darah di keningnya, tapi masih bernapas n si cowok mungkin ga kenapa-kenapa, secara si cowok jelas lebih tahan banting(tahan tabrak juga kali ya) daripada cewe..


Sekitar jam 13.10 di terminal Nganyuk, ehm, Nganjuk, aku n si BYMTDS (liat catatan arus balik 1: a B O R I N G D I K I T beginning) berpisah jalan. Aku ke musholla, sholat dulu, n si BYMTDS ga tau kemana(padahal katanya beliau si BYMTDS baru pertama ini ke Jogja). Sialnya, tu musholla terminal Nganjuk aghak ga terawat, n seandainya aku ga agi pilek, mungkin pas sujud rasanya bakalan bau debu.


Seusai sholat, aku lgsg keluar, nyari bus Sumber Kencono (temen kosanku bilang namanya sebenernya Sumber Bencono, setelah ada kejadian salahsatu armada bus ini nabrak RM Padang di Sleman). Nha, tu ketemu Sumber Bencono, eh , Kencono. setelah aku dekati, aku ditanyain kondektur, "mau kemana mas?", tak jawab "Jogja", dia bilang "lho, ini kan ke arah Surabaya". Waduh isin aku, malu besar..akhirnya agak mengeluarkan jurus akting yang ga mutu n pura2 bego, aku menggumam agak keras, "..oh iyo, sing Jogja kan sing kana..", sambil ngeloyor pergi..


Stlh cukup jauh dari jangkauan pendengaran si kondektur Sumber Kencono, aku ditanyain orang lagi, "mau kemana mas?", tak jawab "ke Jogja", orang tadi bilang "lha ini mas, solo jogja purwokerto". "oiya mas", jawabku. Aku lgsg naik bus yang ditunjuk, setelah masukin barang ke bagasi, n cari tempat duduk favoritku, sebelah kiri-dekat-jendela. Bbrp saat kemudian bus itupun pergi dengan kecepatan dua kali lipat bis Kawan Kita.


Jam 14.00. Bus yang kunaiki ternyata bus cepat, berAC lagi. Waduh, mahal ga ya, ntar?, batinku. Maklum, alergi mbayar mahal. Tapi, menilik pengalamanku tahun lalu, aku menaksir harga tiket ke jogja ga sampe 50 rb. Paling 40 rb, n bener aja, ketika si kondektur narikin karcis, ya emang 40 rb. Ku sodorin duit cepek, trus kembali 50rb plus 10 rb. begitu bus jalan, aku matiin ACnya soalnya kedinginan, n memasang posisi favoritku untuk bersiap tidur. perjlanan Nganjuk Jogja bakalan lama, n menurut perhitungan ntar jam 6-7-8 an malem baru sampe di Jogja. Dengan mata terpejam, mulut agak nganga dikit, akupun bobo..


G berapa lama bobo, eh t'bangun di Ngawi. Rupanya penumpang bus ini jadi agak banyak, n keliatannya mereka orang2 yang rame. Banyak celotehan ramai, ngomong jowo, menyiratkan kalo mereka semacam kenalan dekat, walopun nadnya keras. Sementara itu, dari jendela, d luar keliatan ujan. Wuah ni cocok buanget wat tidur. Kalo udah ndenger bunyi ujan, rasanya hati ini tenteram, serasa dosa-dosa diampuni, trus kepala jadi enteng n bobo pun dilajutkan..


Ternyata, Allah memutuskan untuk membangunkanku di Sragen,maka terbangunlah aku di jalan raya Sukowati. Rupanya disini ujan deres banget, dari kaca jendela yg basah, keliatan kalo di luar ada tetesan ujan yang jatuh bertubi-tubi, menyebabkan bulatan2 riak terbentuk di genangan air n orang-orang berteduh di teras toko, warung, bahkan rumah orang..


Saat ujan gini, n dalam kondisi aku lagi safar (dalam perjalanan), aku perhatiin ini kota cakep banget, dibawah guyuran hujan. Aku liat, dari jalan yang dilewati bus ini (Jalan raya sukowati) kayaknya ga belok2 selama sekitar 20 menitan, n dari situ aku perhatiin betapa kotanya rapi, tertata dari bangunan2 besar, bengkel, warnet, rumah, kantor dinas, lalu makin menjauh (ke barat) makin terlihat adanya sawah yang masih luas, diselingi bangunan2, n diwarnai jalan rel yang ternyata sejajar dengan jalan rayanya...

Rapi n cakep banget. Ini bentang alamnya emang kayak gini ya, aku batin, hampir ga ada naik turun, seakan landai terus sepanjang 15 KM an (ato mungkin lebih). ini insinyurya yang bikin jalan ada dua kemngkinan. Pertama si insinyurnya emang udah dikasih masterplan yang bagus n beliau bekerja keras mewujudkan n menata kota ini, dengan berbagai perhitungan rumit dan kalkulasi ruwet namun hasilnya bagus kayak gini. Ato si Insinyur jusatru foya2..
bersambung...

Tidak ada komentar: